Tips Merawat Gitar Elektrik Serta Hal yang Wajib Dihindari - Jaga Music

Tips Merawat Gitar Elektrik Serta Hal yang Wajib Dihindari

Tips Merawat Gitar Elektrik Serta Hal yang Wajib Dihindari


Hello sahabat Jaga Music pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana Tips merawat gitarelektrik serta hal yang wajib dihindari. Terkadang orang yang baru mempunyai gitar elektrik suka bingung bagaimana merawat gitar dengan baik karena dengan kurang mengetahui suka terjadi kesalahan saat merawat gitar elektrik. Agar gitar saat dimainkan selalu dalam performa terbaiknya maka dari itu anda juga harus memperhatikan dan merawatnya dengan baik. Untuk itu mari kita bahas sebagai berikut :

  • Cara membersihkan bagian gitar

Ketika selesai menggunakan gitar sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu sebelum anda menyimpannya, karena sebelumnya banyak kotoran yang menempel di gitar sesudah anda mainkan seperti keringat dan debu.
Sebelum membersihkan gitar sebaiknya menggunakan kain lap yang lembut dan alangkah baiknya gunakan cairan khusus pembersih gitar jika perlu agar gitar selalu terlihat berkilau. Bersihkan seluruh bagian gitar elektrik anda menggunakan kain lap tadi.
Perhatikan saat membersihkan bagian logam gitar, sebaiknya kain yang digunakan bagusnya menggunakan kain yang kering, untuk menghindari bagian logam tersebut mudah berkarat.

  • Cara merawat bagian logam gitar

Seperti halnya tadi bagian logam gitar elektrik ini membutuhkan perawatan yang khusus. Bagian gitar elektrik yang terbuat dari bahan logam seperti baut, putaran turning, driyer, dan bahan logam lainnya ini sangat rentan terhadap karat karena itu bagian ini memerlukan perhatian yang khusus.
Untuk membersihkan bagian logam gitar elektrik ini sebaiknya menggunakan cairan pembersih karat supaya menghindari logam dari karat. Tapi jika anda ingin biaya yang lebih hemat anda bisa menggunakan minyak goreng yang masih bersih untuk membersihkan bagian logam gitar elektrik. Minyak goreng yang bersih berguna untuk membuat bagian logam terlihat berkilau dan dapat memperlambat proses berkarat.

  • Cara merawat senar gitar

Senar adalah komponen yang menghasilkan suara pada gitar, senar merupakan komponen yang paling penting tanpa komponen ini senar tidak akan bersuara. Untuk menjaga kondisi senar gitar tetap terjaga sebaiknya dilepas jika tidak digunakan pada waktu yang lama.

  • Cara memasang senar gitar

Seperti halnya menyusun puzzle pada saat memasang senar gitar juga harus secara berurutan, sebab jika disusun tidak berurutan bisa saja senar terpasang tidak akan rapi. Pada saat memasang senar perhatikan dahulu senarnya jika terlihat kusut sebaiknya luruskan terlebih dahulu. Ingat ketika memasang senar gitar sebaiknya memasang senar jangan terlalu kencan dan terlalu kendur supaya mempermudah saat menyesuaikan nada suara tiap senar gitarnya.

  • Cara menyimpan gitar

Sebaiknya simpan gitar dalam tas gitar, akan tetapi jika tidak memiliki tas gitar simpanlah gitar di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, sebab jika gitar terkena sinar matahari secara langsung akan membuat kualitas gitar elektrik menurun dan cat yang menghiasi gitar dapat terkelupas.

Setiap orang yang mempunyai gitar elektrik pasti selalu menginginkan kondisi gitar dalam keadaan baik seperti penampilan gitar tersebut atau kualitas suara yang dihasilkan gitar. Setelah mengetahui cara merawat gitar ada juga beberapa hal yang wajib dihindari ketika merawat gitar elektrik seperti berikut:

  • Pada saat membersihkan gitar elektrik dengan cairan

Ketika membersihkan kotoran yang menempel pada gitar sebaiknya hindari menggunakan cairan yang dapat merusak cat, body, dan bagian gitar yang lainnya. Cairan yang harus dihidari itu seperti minyak esensial, terpetin, tiner, alkohol, dan cairan keras yang lainnya.

  • Pada saat menyimpan gitar elektrik

Kesalahan yang sering dilakukan tanpa sadar yaitu menyimpan gitar di lantai, sebaiknya jangan sebab lantai dapat mengakibatkan gitar listrik menjadi lembab sehingga memungkinkan dapat menumbuhkan jamur pada gitar.
Selain menyimpan gitar dilantai terkadang jika saat malas juga menyimpan gitar elektrik secara sembarangan, sebab jika menaruh gitar elektrik secara sembarangan dapat menimbulkan goresan dimana-mana, bahkan membuat stang gitar bengkok, dan dapat membuat suara gitar berubah.
Hindari juga menyimpan gitar dengan menggantungnya di tembok, sebab tembok juga dapat mengakibatkan lembab pada gitar listrik bahkan menumbuhkan jamur. Sebaiknya menyimpan gitar di stand gitar atau di tas gitar.

Sekian dari kami semoga apa yang disampaikan dalam artikel kali ini dapat bermanfaat khususnya dalam merawat gitar. Terus kunjungi musicnya dan baca juga artikel lainnya tentang Tipsmemilih gitar yang baik bagi pemula.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Merawat Gitar Elektrik Serta Hal yang Wajib Dihindari"

Posting Komentar