Alat-Alat Musik Marching Band Beserta Peranannya - Jaga Music

Alat-Alat Musik Marching Band Beserta Peranannya

Alat-Alat Musik Marching Band Beserta Peranannya







Hello sahabat Jaga Music pada kesempatan kali ini Jaga Music akan membahas tentang “Alat-Alat Musik Marcing Band Beserta Peranannya” khusus untuk kamu yang masing bingung mau ngambil posisi apa dan alat musik apa yang sesuai dengan kamu di marchingband. Marching band merupakan kegiatan yang banyak diminati oleh pelajar yang menyukai musik. Marching band biasanya ditampilkan pada saat parade. Oke kita langsung saja bahas satu persatu.

  • Stick Mayoret

Stick Mayoret berperan sebagai patokan dalam pertunjukkan marching band yang dipegang oleh mayoret digunakan sebagai alat memimpin dalam permainan marching band. Tanpa adanya mayoret permainan marching band akan kacau bahkan tidak akan bisa berlangsung seperti halnya paduan suara tanpa dirigen.

  • Terompet

Terompet pada umumnya dimainkan sebagai melodi dalam sebuah musik, akan tetapi dalam marching band terompet berperan sebagai soprano. Walaupun begitu pada umumnya dalam aransemen musik marchingband dibagi menjadi dua kelompok untuk memainkan nada yang berbeda yaitu biasanya mengisi suara sopran dan mezzo-sopran. Pada umumnya di Indonesia grup marching band menggunakan terompet bernada dasar B, tetapi ada juga grup marching band yang menggunakan terompet bernada dasar G.

  • Baritone Horn/Euphonium

Baritone memiliki peranan yang sama dengan instrumen yang digunakan dalam penampilan orkestra. Baritone Horn atau Euphonium didesain secara khusus dengan corong menghadap ke muka yang umumnya dilengkapi dengan sistem tiga katup. Peran Baritone dalam marching band sesuai dengan namanya digunakan untuk mengisi suara dalam nada baritone. Dan biasanya Baritone yang digunakan dalam pertunjukkan marching band menggunakan bariton yang bernada dasar B.

  • Bass

Bass berpesan sebagai penentu ketukan dengan mengambil sebagian besar irama sehingga dalam pertunjukan jika kita ingin tau tempo apa yang dimainkan maka cukup dengan memperhatikan permainan bassnya.

  • Kuarto Tom-Tom

Pada dasarnya kuarto tom-tom seperti trio tom-tom yang berperan memberikan irama dan nada ritmis dalam permainan marching band. Dalam pertunjukkan marching band  biasanya kuarto tom-tom atau trio tom-tom selalu mengisi nada-nada kosong atau celah kosong sehingga dalam permainan marching band tidak terasa ada yang kosong, dan selalu mendahului atau membuka permainan marching band dengan irama ketukannya.

  • Bellyra / Marching balls

Bellyra adalah simbol keharmonisan melodi dari marching band. Bellyra merupakan alat musik marching band yang terdiri dari bilah-bilah logam persegi atau lyra, setiap logam memiliki nadanya sendiri yang dimainkan dengan cara dipukul, dan alat pemukulnya atau stick yang ujungnya terbuat dari mika. Peranan utama bellyra untuk memainkan nada-nada melodi, yaitu nada lagu yang dimainkan marching band sehingga penonton dapat menebak lagu apa yang dimaninkan, dan biasanya di setiap parade posisi bellyra berada di belakang bass.

  • Cymbal

Simbal berperan sebagai variasi dalam pertunjukkan marching band yang menimbulkan suara desis. Simbal termasuk dalam alat musik bertempo cadas.

  • Bendera

Dalam pertunjukkan marching band bendera tidak digunakan untuk bermain musik, akan tetapi oleh pemain digunakan sebagai alat bantu aksi tari sehingga menghasilkan efek-efek visual yang mendukung penampilan.


Setelah membahas beberapa alat musik marching band tadi dapat membantu kamu yang masih bingung dengan memberikan gambaran peranan setiap alat musik yang sesuai dengan karakternya masing masing. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu jangan lupa juga untuk membaca artikel lain tentang “16 Jenis - Jenis AlatMusik Berdasarkan Fungsi Alat Memainkannya” dan terus kunjungi halaman kami.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alat-Alat Musik Marching Band Beserta Peranannya"

Posting Komentar