Teknik Bermain Gitar Sebelum Mempraktekan Aslinya - Jaga Music

Teknik Bermain Gitar Sebelum Mempraktekan Aslinya

Teknik Bermain Gitar





Hello sahabat  Jaga Music pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang teknik teknik yang biasa digunakan saat bermain gitar walaupun jarang orang yang memperhatikan ini karena kebanyakan orang bermain gitar dengan feeling dan insting saat memainkan gitar, akan tetapi bagi para pemula sangat penting karena dengan begitu pemula dapat mengetahui teknik apa yang cocok dengannya. Oke kita langsung bahas saja.

  • Picking

Teknik picking adalah teknik bermain gitar dengan memperhatikan arah ayunan saat memetik misalnya dari atas ke bawah, dari bawah ke atas, dan petikan yang lainnnya yang menghasilkan bunyi yang berbeda walaupun tetap berada pada titik yang sama. Picking sendiri memiliki beberapa macam seperti :

   1. Down Strocke


Down Strucke merupakan teknik petikan gitar dengan mengayunkan dari arah atas ke bawah.

   2. Up Stroke


Teknik ini adalah kebalikan dari down stroke yaitu teknik mengayunkan petikan gitar dari arah bawah ke atas.

   3. Alternative Picking

Merupakan teknik random dimana pemain melakukan petikan secara acak atau bisa juga tidak teratur urutannya sehingga memberikan kebebasan sendiri terhadap pemain.

   4. Sweep Picking

Merupakan teknik petikan sapuan baik dari arah atas ke bawah maupun sebaliknya yaitu dari bawah ke atas.

   5. Multing (Deep)

Multing adalah teknik dimana saat pemain melakukan petikan lalu meredam bunyinya dengan tangan kanan.

   6. Feedback Picking

Merupakan teknik petikan yang memberikan aksen melengking.
  • Slur

Teknik slur memiliki dua jenis bagian yaitu Pull Off  dan Hammer On.

   1. Pull Off (descending slur)

Pull of merupakan teknik menggunakan dua jari tangan kiri dimana saat memetik senar gitar dengan cara mencongkel (Pull) pada not kedua yang lebih tinggi dengan menggunakan jari tangan kiri yang lain tanpa harus memetik kembali.

   2. Hammer On (ascending slur)

Pull of merupakan teknik menggunakan dua jari tangan kiri dimana saat memetik senar gitar dengan cara mengetuk (Hammer) pada not kedua yang lebih tinggi dengan menggunakan jari tangan kiri yang lain tanpa harus memetik kembali.
  • Legato

Legato adalah teknik gabungan slur dari beberapa nada baik itu dari nada tinggi ke rendah maupun sebaliknya yang dirangkai menjadi satu kesatuan dalam sebuah permainan.
  • Stretching

Strectching merupakan teknik dengan gerakan membentangkan jari yang berdekatan sejauh mungkin sehingga jari dapat menjangkau lebih jauh lagi.
  • Range

Range merupakan teknik rentang atau jakauan nada.
  • Passing Note

Passing not merupakan teknik dimana nada yang berfungsi sebagai penghubung.
  • Five Not Per String

Five Not Per String merupakan teknik yang menggunakan lima not tiap senar.
  • Chicken Picking / Hybrid Picking

Chicken Picking / Hybrid Picking merupakan teknik petikan dengan menggunakan jari dan pick yang biasanya sering digunakan oleh musisi dengan gaya country.
  • Barre

Barre adalah teknik yang menggunakan satu jari yang menekan beberapa senar atau fret sekaligus.
  • Ascending

Ascending adalah teknik yang permainannya bergerak dari nada rendah ke nada tinggi.
  • Descending

Descending merupakan kebalikan dari teknik ascending yaitu permainan bergerak dari nada tinggi ke rendah.
  • Bending

Bending adalah teknik yang pada dasarnya meninggikan bunyi nada baik dengan cara digerakkan ke atas atau ke bawah dalam satu kolom dengan menggunakan jari. Teknik ini memiliki tiga macam yaitu Natural Bending, Release Bending, dan Unsion Bending.

   1. Natural Bending

Natural Bending merupakan teknik dimana senar ditekan dengan not yang dikehendaki kemudian jari tersebut dierakkan kebawah atau ke atas dengan begitu menghasilkan bunyi yang lebih tinggi dari bunyi not semula. Perhatian untuk senar 1(E), 2(B), dan 3(G) bending dimainkan ke atas, sedangkan untuk senar 4(D), 5(A), dan 6(E) bending dimainkan ke bawah.

   2. Release Bending

Release Bending merupakan teknik dimana bending dilakukan terlebih dahulu sebelum dipetik yaitu senar digerakan ke atas lalu senar tersebut dipetik dan dikembalikan ke not asal tanpa memetik kembali.

   3. Unision Bending

Unision Bending adalah teknik dimana senar yang lebih tinggi atau not yang lebih rendah dari dua not, dibending sampai memiliki not yang sama dengan not yang lebih tinggi dan dibunyikan bersamaan.
  • Slide

Slide adalah teknik menggeser jari yang menekan senar dengan not tertentu menuju ke not yang lain dengan arah maju atau mundur. Slide sendiri memiliki dua macam yaitu Ascending Slide dan Descending Slide.

   1. Ascending Slide

Ascending Slide merupakan teknik slide dari fret rendah ke fret tinggi.

   2. Descending Slide

Descending Slide meruapan kebalikan dari Ascending Slide yaitu dari fret tinggi ke fret rendah.
  • Harmonic

Harmonic adalah teknik yang dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan suara lebih tinggi dari not asal menggunakan sentuhan jari. Harmonic sendiri memiliki dua macam yaitu Right Hand Harmonic dan Left Hand Harmonic.

   1. Right Hand Harmonic

Right Hand Harmonic merupakan teknik dimana tangan kiri lebih dahulu menekan nada yang akan di harmonik dan tangan tidak menekan senar gitar akan tetapi cukup menyentuh atau memukul senar.

   2. Left Hand Harmonic

Left Hand Harmonic adalah teknik harmonik dengan tangan kiri pada senar dalam keadaan los atau tidak ditekan, bunyinya akan maksimal saat digunakn pada fret-fret yang ada tanda atau titiknya.
  • Tapping

Tapping adalah teknik yang dimainkan tanpa menggunakan pick melainkan dengan cara jari-jari kedua tangan berada pada nck gitar atau sering disebut dengan teknik two handed. Teknik ini didasari dengan teknik slur yang dikombinasi dengan tap pada jari tangan kanan.
  • String Skipping

String Skipping adalah teknik yang dimainkan dengan cara melangkahi atau melewati satu senar atau skip senar.
  • Sweep Picking

Sweep Picking adalah teknik yang dimainkan seperti gerakan mengusap (sweep).
  • Arpegio

Arpegio adalah teknik memetik senar dengan cara memecah nada dari sebuak kunci atau chord gitar secara bergantian.
  • Damp

Damp merupakan teknik membunyikan not dengan cara menahan nada yang akan keluar. Nada yang dihasilkan tidak terlepas akan tetapi tertahan sehingga menghasilkan bunti yang tertekan.
  • Vibrato

Vibrato berasal dari kata vibra yang berarti getaran. Vibrato merupakan teknik membunyikan not dengan cara menekan ke arah atas dan ke bawah dalam tempo teratur sehingga menghasilkan nada berayun yang teratur.


Sekian pebahasan saya tentang beberapa teknik bermain gitar semoga bermanfaat untuk sahabat Jaga Music apa  lagi yang lagi mencari gaya bermain gitar yang cocok dengan fashion.

dan baca juga artikel "Belajar Gitar dengan Mengenal Kumpulan Chord Lengkap".

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Teknik Bermain Gitar Sebelum Mempraktekan Aslinya"

  1. terima kasih atas infonya sangat bermanfaat, ditunggu info bermanfaat selanjutnya. Jangan lupa kunjungi website kami juga ya di http://jogja-drumband.com
    semoga sukses selalu :)

    BalasHapus